HIMA ILHA Menyelenggarakan Kajian Bahasa Setiap Minggu

E-Pamflet

Cirebon, HimaIlha. Himpunan Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengisi materi kajian mingguan tentang kajian bahasa yang bertemakan “Memahami Mufrod, Tatsniyah, Jamak dalam Ruang Lingkup Nahwu Shorof” berlangsung di Whatsapp Group. Senin, (8/6/20).

“Dengan adanya pandemi seperti ini, kita bisa lebih bersyukur lagi kepada sang pencipta dan terus tetap menebar manfaat baik dalam situasi kondisi kapanpun. Dalam kajian kajian ini pemantik akan membahas seputar kalimat atau kata apa saja yang dikategorikan sebagai Mufrod, Tatsniyah ataupun Jamak”, Pungkas Trisna sebagai moderator kajian.

Menurut Bustanul Arifin selaku pemantik, dalam kajian kali ini ada tambahan pembahasan yang harus disampaikan yaitu tentang Isim Mudzakar dan Muannas, Isim Mufrod, Isim Tatsniyah serta Isim Jamak. “Dengan adanya kelima isim tersebut sangat berpengaruh dalam lingkup nahwu dan shorof baik dari segi pemaknaan, penggunaan dhomir dan pengunaan lafadz kalimat”, Ucap Bustanul.

Lanjut dia mengenai pengertian isim Mudzakar dan muannas, bahwa isim mudzakar yaitu isim yang menunjukkan arti laki-laki (baik manusia, binatang maupun benda-benda mati) atau yang dianggap laki-laki. Sedangkan isim muannas yaitu isim yang menunjukkan arti perempuan (baik manusia, binatang ataupun benda yang berpasangan).

“ciri-ciri isim muannas itu yang menunjukkan perempuan, diakhiri ta’ marbutoh diakhir kalimat, diakhiri alif layyinah dan huruf sebelumnya berharokat fathah atau diakhiri alif mamdudah yang diakhiri hamzah”, kata Bustanul.

Selanjutkan ia menjelaskan mengenai Isim mufrod yang bermakna satu/tunggal. Isim tatsniyah yang bermakna dua cirinya  yaitu diakhiri (alif dan nun) dan (ya dan nun) yang huruf sebelumnya berharokat fathah. Sedangkan Jamak yang bermakna banyak (tiga atau lebih).

“Jamak sendiri terbagi 3  ada jamak mudzakar salim diakhiri (wawu dan nun) atau (ya dan nun), jamak muannas salim, Jamak Taksir yang berubah dari mufrodnya. 


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA-ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.