Tanamkan Cinta Literasi, HIMA ILHA Gelar Kajian Jurnalistik

E-Pamflet

Cirebon, HimaIlha. Untuk mengembangkan minat menulis, Himpunan Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kajian jurnalistik.

Kelas media yang diselenggarakan oleh divisi Hubungan Kounikasi dan Informasi (HUKOMINFO) ini mengusung tema “Teknik Dasar Jurnalistik” acara yang berlangsung via Whatsapp Group. Jum’at, (12/5/20).

“Belajar Jurnalistik itu penting. Karena, menyangkut kewartawanan dalam mencari suatu berita yang valid”, Jelas Khumaedi Nurfatsyah sebagai Ketua Divisi HUKOMINFO.

Dengan itu, HIMA-ILHA menggelar kelas media jurnalistik agar teman-teman mengetahui informasi setiap kegiatan apapun dan menyebarluaskan ke media sosial.

Menurut Fasfah Sofhal selaku Pemateri, Menulis berita itu terlebih dahulu, pelajari susunan berita dari berbagai media. Kemudian, terapkan data kita di lapangan dengan contoh tulisan berita yang ada di beberapa media.

“Dengan mempelajari susunan berita di banyak media, sendirinya akan menemukan varian bahasa yang sebelumnya belum kita ketahui. Itu sangat efektif semakin kita mencari tahu”, Papar Fasfah.

Lanjut ia, bahwa jurnalistik itu sangat erat hubungannya dengan Ilmu Hadis. Sama-sama mempublikasikan sumber asalnya.

Menurut Ketua Umum HIMA-ILHA, Rizki mengatakan kegiatan ini sebagai bukti bahwa mahasiswa Ilmu Hadis tak hanya tertarik pada keilmuan agama saja, namun juga keilmuan umum.

“Selain belajar Ilmu Hadis, belajar pengetahuan umum seperti jurnalistik ini sangat penting”, Katanya.

Ia berharap, Dengan adanya pelatihan ini. dapat diterapkan dalam lini kehidupan sehari-hari. Terutama yang berkecimpung di dunia organisasi sangat penting untuk memajukan suatu organisasi dengan mempunyai bekal memahami dasar dari ilmu jurnalistik.


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA-ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.