Bakti Sosial Mahasiswa Ilmu Hadis IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Korban Banjir Losari

Majalah-Smart-Campus-IAIN-SNJ-April-2018

Oleh : Hj. Anisatun Muthi’ah, M.Ag

Banjir ialah bencana alam yang sering terjadi di banyak kota dalam skala yang berbeda dimana air dengan jumlah yang berlebih berada di daratan yang biasanya kering. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian banjir adalah berair banyak dan juga deras, kadang-kadang meluap. Hal itu dapat terjadi sebab jumlah air yang ada di danau, sungai, ataupun daerah aliran air lainnya yang melebihi kapasitas normal akibat adanya akumulasi air hujan atau pemampatan sehingga menjadi meluber.

Di mata masyarakat, pada umumnya pengertian banjir merupakan hal yang negatif. Hal ini karena banjir selalu berkaitan dengan hal-hal yang merugikan sehingga dapat disebut juga bencana alam. Banjir dapat menyebabkan kerusakan parah. Begitu juga banjir yang terjadi di kecamatan losari (Brebes dan Cirebon) karena meluapnya sungai Cisanggarung pada bulan Februari 2018.

Sungai Cisanggarung menjadi perbatasan dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Barat, sebagai sungai perbatasan maka meluapnya ke dua Daerah Brebes Jateng dan Cirebon Jawa Barat dengan nama daerah sama yaitu Losari. Dengan dampak banjir yang luar biasa, tempat tinggal, tempat ibadah, sarana pendidikan dan sarana lainnya ikut terendam dan mengalami banyak kerusakan. Bahkan memakan korban jiwa tiga orang meninggal dunia.

Banjir dipahami sebagai salah satu cara Allah untuk mengingatkan kita selaku manusia agar senantiasa menjaga alam ini. Kita tak bisa melihat banjir dari sudut pandang buruk saja, sebab kita juga bisa mengambil ibrah atau pelajaran dari bencana ini agar kedepannya kita bisa lebih menjaga alam ini, kemudian yang paling penting dari peristiwa banjir ini adalah kita di tuntut untuk bisa ikut serta membantu masyarakat disana sebagai bukti sosialitas kita. Maka, dengan dorongan keimanan dan rasa kemanusiaan yang tinggi, HIMA ILHA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis) IAIN Syekh Nurjati Cirebon terjun menggalang dana serta membantu masyarakat korban banjir di Desa Kalibuntu Bojong Sari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes pada tanggal 1 Maret 2018. Semoga Bermanfaat.

Source : Majalah Smart Campus, Edisi April-Juni Vol X Tahun 2018.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.