Menulis Jurnal Jadi Kajian Untuk Meningkatkan Karir Kemahasiswaan Di HIMA ILHA

E-Pamflet

Cirebon, HimaIlha. Himpunan Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kelas media Jurnalistik.

Kelas media yang digelar oleh divisi hubungan kounikasi dan informasi ini bertemakan “Kiat-kiat Menulis Jurnal Ala Mufidah” pada via Whatsapp Group. Senin, (18/5/20/20).

“Dengan mengangkat tema tersebut cocok untuk meningkatkan karir kemahasiswaan di era sekarang”, Ujar Azizah selaku moderator.

Ia menegaskan, Siti Sakinah Muna Mufidah adalah seorang penulis yang karya-karnyanya sudah tersebar dimana-mana dan termasuk aktivis perempuan.

Alasan pemateri menulis jurnal ala mufidah, membuat hidup berwarna, teratur, disiplin, memamfaatkan waktu luang meningkatkan karir akademik dan non akademik selama menjadi mahasiswa serta dapat diterapkan setelah selesai kuliah.

Menurut Siti Sakinah selaku pemateri, manfaat menulis jurnal harian dapat terbantu dalam merencanakan kegiatan, membuat seorang menjadi roduktif agar mendapatkan pengalaman baru.

“Terkadang seorang sulit menceritakan suatu peristiwa kepada orang lain. dengan itu, kita bisa melakukannya dengan menulis jurnal harian”, Tutur Siti Sakinah.

Kata dia, Tidak perlu punya waktu untuk menulis jurnal. Cukup menghabiskan waktu 10-15 menit setiap harinya atau bisa dilakukakan satu minggu sekali.

“Hal ini akan menjadi awal dalam priduktifitas bermutu dan membantu menemukan siapa kamu sebenarnya”, pungkasnya.

“Jika ingin menulis. Tulislah apa yang ada dipikiran kita. Lalu, tuangkan tulisan tersebuat dalam tinta emas Anda. jika ingin menguasai gaya bahasa bertemanlah dengan seorang pembicara, pembaca aktif atau menonton langsung film anime yang disukai”, Ucap Siti Sakinah.

Berdasarkan pengalaman pemateri, setiap penerbit memiliki kriteria tersendiri dalam menerima naskah. Pelajari terlebih dahulu kriteria penerimaan naskah dari penerbit.

“bahwasannya menulis itu suatu keharusan. Dari tingkatan dasar pun kita sudah diajarkan untuk menulis. Jadi, tinggal ditekuni sesuai dengan keahlian”, pesan pemateri.


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA-ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.