STRATEGI UPGRADING LITERASI DI ERA MILENIAL DALAM ACARA SEMINAR MOTIVASI CALON SARJANA MAHASISWA ILMU HADIS


Amazing, Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis periode 2023/2024 berhasil menyukseskan program pertamanya setelah rapat kerja kemarin. Pada Hari senin 13 maret 2023 himpunan mahasiswa ILHA melaksanakan acara Seminar Motivasi Calon Sarjana Ilmu Hadis yang dibuka untuk umum, kegiatan ini diisi dengan pembekalan-pembekalan yang ditujukan untuk calon-calon sarjana khususnya mahasiswa ilmu hadis.  Kegiatan yang mengusung tema “Manumbuhkan Karakter Calon Sarjana Mahasiswa Ilmu Hadis menjadi Muttaqin yang Kompetitif, Kritis dan Visioner” ini berhasil meraih antusias yang tinggi dari calon-calon sarjana ilmu hadis.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan motivasi juga planning calon-calon sarjana Ilmu Hadis, dimana pada kegiatan ini HIMA ILHA menghadirkan narasumber yang sangat luar biasa dan tentunya memiliki banyak pengalaman-pengalaman hebat sebagai acuan para calon sarjana. dalam seminar ini mencangkup 3 materi yaitu, Pembekalan motivasi calon sarjana, pembekalan kerja dan pembekalan beasiswa. Dimana materi pembekalan motivasi dan pembekalan kerja disampaikan oleh Bapak Alwi Bani Rakhman S. Th.I., M.H.I dan pembekalan beasiswa yang disampaikan oleh Bapak Refaldo Fanther, MAB.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan opening ceremony yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Hadis Ibu Hj. Anisatun Muthi’ah, M.Ag, Ketua Umum SEMA Fakultas Ushuluddin dan Adab, Ketua Umum DEMA Fakultas Ushuluddin dan Adab, perwakilan FKMTHI Jawa Barat, Ketua Umum HIMA ILHA serta Ketua Panitia. 

Sekilas mengusut dua pemateri luar biasa pada kegiatan ini, Bapak Alwi Bani Rakhman S.Th.I., M.H.I ini beliau adalah salah satu dosen Ilmu Hadis IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Beliau menyampaikan Tips pribadi, pertama yaitu meyakinkan diri ketika kuliah semata hanya untuk menuntut ilmu, supaya nanti ketika lulus tidak ada rasa kecewa mau jadi apapun, kedua untuk memperoleh pekerjaan jangan menjadi seperti anak kecil yang menunggu mangga jatuh artinya jangan menunggu peluang namun mencari dan mengejar peluang, ketiga Sebagai seorang muslim yang muttaqin ingat akan satu quote "Bagaimana kita mendapat rezeki sedangkan kita menjauhi dzat yang Maha pemberi Rezeki".

Lalu, pemateri kedua yaitu Bapak Refaldo Fanther, MBA. Beliau juga merupakan salah satu dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang merupakan lulusan Master of Business Administration Newcastle University. Beliau menyampaikan beberapa trik mendapat beasiswa,diantaranya jangan menyerah jika gagal, penuhi persyaratan, optimis Allah memberikan jalan yang terbaik dan beliau menekankan bahwa untuk mendapat beasiswa tentunya memperlukan jangka waktu yang panjang dan juga persiapan yang sangat matang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.