HIMA ILHA Gelar Kajian Online

E-Pamflet

Cirebon, HimaIlha. Himpunan Mahasiwa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon membahas tentang Sanad dan Matan dalam kajian Mingguan.

Kajian mingguan yang diadakan oleh divisi kajian dan keilmuan ini bertemakan “Pentingnya Mengetahui Sanad dan Matan Hadis” berlangsung di Whatsapp Group. Sabtu, (30/4/20).

“Tidak sembarangan jika kita ingin memakai kutipan hadis. Tetapi, tidak mengetahui ilmunya. Baik itu hadis shohih maupun hadis dhoif yang kita pakai untuk menjadikan landasan”, Ucap Ulum sebagai moderator kajian.

Sebagai calon ahli hadis, kita harus lebih mengetahui dengan mendalam apa itu ilmu hadis. Maka dari itu, perlu mempelajari apa saja yang termasuk ilmu dasar hadis.

M. Hayyi Kautsari selaku pemantik menyampaikan, Sebagai mahasiswa jurusan ilmu hadis dan generasi para ulama (Aamiin). Sebelum akan di posting atau memposting kembali dari orang lain di sosial media dengan menggunakan hadis, ketahui dahulu sanad atau sandarannya.

“sebagian umat Islam gandrung dengan tulisan-tulisan modern dan mengesampingkan karya ulama-ulama mereka. Mereka membaca sejarah dengan mengedepankan keindahan bahasa dan runut alurnya”, Tutur Hayyi.

Menurutnya, bahwa untuk melakukan sebuah perubahan mulailah dari diri sendiri. Islam memiliki standar yang tinggi dalam menerima berita. Memastikan riwayat yang dinukilkan buku-buku tersebut benar atau tidak.

Ia mengaku, sekarang ini kaum muslimin tidak lagi memperdulikan kualitas kabar, cerita dan berita yang mereka baca. Merakapun lupa akan tradisi emas yang disusun oleh ulama-ulama”.

Dengan berharap, dari sini kita mulai memperkuat ingatan dan menjadi luas lagi ilmunya. Mempoststing apapun itu tidak ada aturan. Tetapi, untuk menerimanya kita harus mengetahui aturannya”, pungkasnya.

Rizki selaku Ketua Umum HIMA-ILHA mengatakan, tetap semangat dan istiqomah selama diberlakukannya daring untuk setiap kegiatan kajian mingguan.

“mudah-mudahan pandemic covid-19 ini cepat berlalu dan kita bisa berkumpul kembali dengan kawan-kawan serta dapa beraktifitas seperti biasanya”, kata Rizki.



Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA-ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.