Belajar Memahami Kitab Kuning, HIMA ILHA Gelar Kajian

E-Pamflet Kajian Kitab Kuning

Cirebon, HimaIlhaNews. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA)  Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Belajar metode membaca kitab kuning.

Divisi Kajian dan Keilmuan  mengadakan kajian rutin setiap minggu sekali.  Kegiatan ini bertemakan "Metode Praktis Membaca Kitab Kuning"  berlansung di WhatsApp Group. Minggu, (20/4/2020)

Iklimah sebagai moderator sekaligus perwakilan divisi Kajian mengatakan, Bukan menjadi penghalang untuk kita bisa berbincang-bincang ringan, berdiskusi dan  berdialog seperti pada kesempatan sebelum maraknya wabah di negeri tercinta Indonesia.

"Tujuan diadakan kajian online ini  tidak lain untuk memahami, menambah pengetahuan dan wawasan terhadap bahasa al-Qur'an yaitu Bahasa Arab", Kata Iklimah.

"Dalam memahami Bahasa Arab yaitu menganalisis kalimat pertama kemudian menentukan jumlah. Setelah itu,  menentukan kedudukan jumlah", Ucap Makdum selaku Pemantik kajian.

Lanjut dia, Jika ingin mengetahui kedudukan suatu jumlah maka harus mengetahui kalimat terlebih dahulu. Karena, kalimat tersebut menentukan jumlah jumlah Ismiyah atau fi'liyah.

"Jumlah ismiyah yaitu diawali kalimat isim meliputi Mubtada dan khobar. Sedangkan jumlah fi'liyah yaitu diawali kalimat fi'il meliputi fi'il dan fa'il", Pungkasnya.

Ia berharap, Dengan adanya kajian metode membaca kitab kuning ini bisa membuka pemahaman. Bahwa memahami bahasa arab itu tidak rumit dan ada cara yang mudah.

Ketua Umum HIMA ILHA  Rizki Maulana Hidayat menyampaikan, Ilmu hadis itu tidak akan terlepas yang namanya kitab kuning. "Belajar membaca kitab kuning itu tak semudah membalikan telapak tangan", Imbuhnya.

Dengan itu,  Mahasiswa Ilmu Hadis lebih ditekankan untuk bisa membaca kitab kuning serta tantangan yang harus dikuasai bagi tiap individunya.

"Harapannya ketika kelak lulus dari Jurusan Ilmu Hadis bisa membaca hadis di kitab murninya dengan baik", Tutur Rizki.


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.