HIMA ILHA Membuka Kelas Design Grafis untuk Umum

E-Pamflet Kelas Media


Cirebon, HimaIlhaNews. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA)  Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon adakan Kelas Media Grafis untuk umum.

Kelas Media Grafis yang digelar oleh Divisi Hubungan Komunikasi dan Informasi (Hukominfo) ini bertemakan "Tips Memilih Warna dan Font dalam Design" berlangsung via WhatsApp Group. Minggu, (19/4/2020)

Syukron Fadillah selaku Pemateri Diskusi Kelas Media mengatakan, Ketika kita menonton youtube, buka aplikasi, smartphone, kemasan jajanan atau pas nongkrong bareng teman. Bahwasannya dalam lini kehidupan, kita tidak pernah terlepas yang namannya design.

"Ketika seseorang bisa menjalankan program pengolah grafis,  kita juga harus faham terhadap warna dan kombinasi tulisan yang baik itu seperti apa. Sebenarnya ada banyak, tetapi sesuai tema, dua point itu yang akan dikupas," Katanya via WhatsApp

Ia menambahkan, Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia desain, laki-laki dan perempuan itu harus tau yang namanya warna.

"Terkait warna, faktanya perempuan lebih peka daripada laki-laki. Laki-laki hanya tau warna merah. Sedangkan bagi perempuan, merah itu banyak ada merah maroon, delima, darah, dan lain-lain", papar Syukron.

Kemudian, ditunjukkan video mengenai kombinasi jenis huruf yang sederhana tetapi elegan menurut Rio Purba seorang youtuber dan designer.

Ia mengaku,  Diskusi onlinenya berjalan sesuai yang diharapkan. Diluar dugaan, ternyata peminatnya banyak.

"Berharap, apa yang telah di sampaikan bisa bermanfaat", tandasnya.

Sementara itu, Khumaedi Nurfatsyah selaku moderator sekaligus Ketua Bidang (KABID Hukominfo) mengucapkan, tujuan diadakannya Kelas Media Design tidak lain yaitu untuk mengembangkan minat dan bakat seseorang dalam dunia grafis terutama kepada para peserta yang mengikuti kelas media.

"Jika terus belajar sembari praktik,  lama-lama akan menjadi terbiasa.  Bahkan sudah menjadi hobi", pungkasnya. 

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kelas media dari awal sampai berakhirnya diskusi.

Sementara itu,  Rizki Maulana Hidayat selaku Ketua HIMA ILHA menyampaikan,  ia merasa bangga. Karena, selain Mahasiswa IAIN Cirebon, ada beberapa kampus yang berpartisipasi termasuk Universitas Muhammadiyah Surakarta, UIN Antasari Banjarmasin.

"Mengenai kelas design online seperti ini, sebenarnya ada sisi positif dan negatif.  Di sisi positif kita bisa mengikuti kajian dengan santai di rumah. Bahkan kita juga bisa sambil mengerjakan hal lain dan tidak terpacu oleh waktu",  tutur Rizki.

Ia melanjutkan, Di samping itu juga ada sisi negatifnya. Terutama sebagian dari kita terbatas di hal jaringan internet nya, apalagi aplikasi yang di pakainya itu berbasis online.


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.