Mahasiswa Ilmu Hadis Mengulas Pentingnya Takhrij Hadis di Era Modernisasi

E-Pamflet

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Kajian dengan tema Mengupas Takhrij Hadis di Era Modernisasi.

Kegiatan diselenggarakan pada  10 Oktober 2020 Via Google Meet. Dalam kajian tersebut juga turut mengundang Pemateri dari alumni jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Cirebon.

Selama materi berlangsung, banyak informasi menarik yang diungkap para pemateri tentang penyampaian materi Hadis.

Shohibul Azka selaku Pemateri menyampaikan,  Hadis adalah salah satu sumber hukum yang sangat penting dalam agama Islam. Karena, tanpa hadis kita tidak akan bisa memahami Al Quran.

"Para ulama terdahulu sangat berperan penting dalam periwayatan hadis, karena mereka rela mengembara ke berbagai daerah hanya untuk mengumpulkan hadis", Ungkapnya.

Dalam kesempatan kali ini pemateri memberikan contoh takhrij hadis dengan 2 metode. Pertama,
Metode manual seperti menggunakan kitab-kitab takhrij. Kedua,  Metode Digital dengan menggunakan aplikasi takhrij.

Ia menegaskan, Bahwa ilmu takhrij sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.  Untuk mengetahui dari kitab mana saja hadis tersebut berasal, siapa yang meriwayatkannya, dan statusnya apa.

"Terkadang hadis-hadis tersebut hanya mencantumkan isi hadisnya saja tanpa ada jalur periwayatan. Hal ini membuat kita tidak tahu siapa yang meriwayatkan hadis tersebut dan tidak tahu status hadisnya", Tutur Azka.

Selain itu,  Bustanul Arifin selaku moderator kajian menyampaikan, Bahwa di era modern saat ini. Ilmu takhrij sangat dibutuhkan sekali supaya para generasi muda Islam bisa memilah mana hadis yang diterima dan mana hadis yang ditolak, mana hadis yang shohih dan mana hadis yang dho'if. 

"Dengan mengupas kajian mengenai takhrij ini, agar kita tidak dibodohi oleh orang-orang yang ingin menghancurkan Islam dengan cara memanipulasi hadis", Katanya.

Harapannya,  Dengan adanya kajian seperti ini teman-teman dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan takhrij hadis yakni dengan menggunakan aplikasi takhrij hadis.


Nur Azizah
Editor: Khumaedi Nurfatsyah Zein
*ZonaGrafis HIMA-ILHA
*Hubungan Komunikasi dan Informasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.