Belajar Digitalisasi Hadis - Hari Keempat

Pada hari ini, membelajaran semakin meluas. jika hari-hari sebelumnya belajar untuk mendesign UI dan UX, maka pada hari ini adalah belajar mengimplementasikan design tersebut kepada aplikasi kita, yang dibuat menggunakan CMS milik Pusat Kajian Hadis Bogor. Sesi ini dibimbing oleh kak Tri dan Kak Agus, kita dibimbing secara perlahan untuk bulak balik membuka aplikasi firework dan browser dalam pengimplementasian aplikasi Arbain Nawawi Digital, berikut dekomentasinya :

ilha senja - pkh bogor ilha senja - pkh bogor
ilha senja - pkh bogor ilha senja - pkh bogor

waktu untuk mengimplementasikan komponen pada UX menjadi UI memang cukup lama, ditambah lagi tidak semua peserta faham dengan perkembangan teknologi dan tools pada internet. namun alhamdulillah dengan menyita kesabaran dan terpicunya kerjasama antar satu sama dengan yang lain, step ini berlangsung dengan lancar.

Berikut aplikasi arbain nawawi yang telah selesai tahap dekorasi, namun kontennya harus selalu di update :

Selain mengimplementasikan pada aplikasi yang telah ditentukan, yakni arbain nawawi. peserta juga dituntut untuk bisa membuat aplikasi tematik sendiri, tentunya dengan UX dan UI yang dirancang sendiri. hal ini bertujuan untuk membiasakan peserta dalam mengaplikasikan adobe firework dan browser sebelum aplikasi di launching ke publik.

Alhamdulillah kami dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon berhasil membuat designnya dan menguploadnya ke cloud milik pkh. Berikut address cloudnya :


Kemudian hasil design peserta dikoreksi bersama, serta diberi saran untuk revisi agar semakin terbiasa dalam mendesign untuk membuat aplikasi hadis, atau mendigitalisasi hadis oleh para mentor. Acara berlangsung lancar, dan di lanjutkan dengan makan siang, kemudian masuk kembali melanjutkan design dan koreksi, dan menjelang sore di isi dengan latihan memanah. Namun untuk hari ini adalah khusus untuk laki-laki. Berikut dokumentasinya :

ilha senja - pkh bogor #
Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat dan bersiap untuk shalat magrib, serta agenda lainnya sampai jam 21.30 wib. tidak terasa kami disini sudah hampir se minggu, belajar dan mengasah Hadis serta perkembangan teknologi. semoga ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat, aamiin ya rabbal'alamiin..

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.