Belajar Digitalisasi Hadis - Hari Kelima

Tidak terasa kami disini sudah dipenghujung hari, maka dihari terakhir ini kami berusaha menyelesaikan project aplikasi yang kami garap dari hari pertama di pondok pesantren pusat kajian hadis (pkh) bogor ini. pada kesempatan terakhir ini para peserta fokus dalam mencari konten, mengedit design, serta mengimplementasikannya pada aplikasi yang dibuat. setiap peserta memiliki project aplikasi yang berbeda tergantung tema yang dipilih pada hari ke 2, dan tentunya memiliki design yang variatif antar satu dengan yang lainnya.

# #
# #
# #
# #

Hasil yang maksimal, itulah yang kami harapkan. seperti kata pepatah "hasil tak akan mengkhianati usaha" maka para peserta berusaha keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membuat aplikasi. sebab aplikasi yang dibuat bukanlah aplikasi untuk pribadi namun untuk umat, dalam rangka mendidik generasi masyarakat agar senantiasa menjadikan Alquran dan hadis sebagai landasan hidup.

Sesi ini dibimbing oleh Kak Kinta, serta diarahkan oleh mentor-mentor yang lain. pada hari terakhir ini peserta bersama-sama membuat aplikasi hadis berbasis android dengan bahan yang sudah terkumpul dan telah diracik sejak hari pertama pembelajaran.



Alhamdulillah langkah demi langkah dalam mempelajari pembuatan aplikasi hadis berbasis Android berlangsung lancar. Peserta cukup dibuat pusing dalam setiap langkahnya, hal ini dapat dimaklum karena tidak semua peserta punya basic IT, maupun ketertarikan pada bidang IT ini. Namun dengan ulet dan penuh kesabaran, tentunya dengan dibimbing oleh mentor yang sabar pula, aplikasi ini selesai dan dapat diakses secara offline melalai android. Berikut contoh aplikasi hasil pembelajaran dan terinstal di android admin :

aplikasi-hadis-digital-ilha-senja aplikasi-hadis-digital-ilha-senja
Semoga ilmu yang kami dapatkan selama hampir seminggu di kota bogor, tepatnya di pondok pesantren pusat kajian hadis ini dapat bermanfaat untuk umat , sehingga dapat menjadi amalan jarriyyah yang dapat memberatkan amalan kita di yaumul hisab kelak. aamiin ya rabbal'alamiin.. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.